![]() |
Triumph Trident 2021. (Source : Visordown.com) |
ToniMag-Kehadiran Triumph Trident lansiran 2021 sepertinya ingin meramaikan pangsa pasar motor naked kelas menengah dan sektor A2. Tak hanya sekadar meramikan, pabrikan motor yang berbasis di Kota Hinckley, Inggris itu ingin menjadikan produk besutannya itu sebagai barometer terbaru di segmen motor naked kelas menengah, demikian dilaporkan ToniMag yang dikutip dari Visordown.
![]() |
Basis mesin Triumph Trident 2021 menggunakan mesin Street Triple S. (Source ; Visordown.com) |
Motor tersebut memiliki fitur revisi dari mesin tiga silinder berkapasitas 660cc yang digunakan oleh model Street Triple S yang kompatibel dengan A2, meskipun mesinnya yang dibenamkan di dalam rangka Trident adalah mesin dengan pembaruan yang signifikan untuk menyesuaikan dengan aplikasi saat ini.
Untuk saat ini, di segmen motor naked kelas menengah masih didominasi oleh Yamaha MT-07 dan Kawasaki Z650, Triumph mencoba untuk masuk ke dalam persaingan di kelas motor naked kelas menengah itu dengan mesin tiga silinder Trident sebagai motor yang diharapkan dapat mencuri perhatian dari pecinta roda dua di 2021 mendatang.
![]() |
Triumph Trident 2021. (Source : Visordown.com) |
Spesifikasi mesin dari Triumph Trident 2021 :
- Mesin berpendingin cair, 12 klep, DOHC, segaris 3-silinder
- Kapasitas mesin 660cc
- Output daya maksimum sebesar 81 PS/80 bhp (60kW) pada putaran mesin 10.250 rpm
- Output daya maksimum 47 PS/46 bhp (35 kW) pada putaran mesin 8.750 rpm (pembatasan A2)
- Torsi maksimum 64 Nm (47 lb-ft) pada putaran mesin 6.250 rpm
- 59 Nm pada putaran mesin 5.250 rpm (pembatasan A2)
Mesin 660cc berpendingin cairan, 12 klep, segaris tiga silindernya itu tersedia dalam varian yang A2 friendly 46 bhp dan untuk versi yang lebih bertenaga dari dapur pacunya dapat memuntahkan tenaga sebesar 80bhp dan torsi maksimum sebesar 47lb-ft.
Pada Triumph Trident 2021 telah mendapat 67 perubahan pada bagian dalam mesinnya, perubahan utamanya pada unit yakni dengan adopsi terhadap bore dan stroke pada unit mesin Street Triple S. Efeknya, terjadi peningkatan performa pada mesinnya sebesar 90 persen, di mana torsinya naik dari sebelumnya dapat dikail hingga putaran mesin 3.600rpm, kini meningkat hingga 9.750rpm.
Untuk menyalurkan tenaganya, Triumph Trident 2021 dilengkapi dengan sistem transmisi dengan enam tingkat percepatan, di mana sistem transmisinya itu telah dibenami dengan fitur canggih assisted slipper clutch dan quickshifter system yang nantinya akan menjadi opsi aftermarket. Berkat dua teknologi itu maka tuas kopling menjadi jauh lebih ringan, belum lagi penggunaan adjustable span lever menjadikannya jauh lebih nyaman, bahkan oleh penggunanya yang memiliki tangan mungil.
Selain perangkat keras, Triumph telah bekerja keras untuk mengurangi biaya perawatan Triumph Trident, di mana service menjadi area yang paling jelas untuk diperbaiki. Triumph mengklaim bahwa selama tiga tahun Trident hanya membutuhkan 8,3 jam waktu service, bandingkan dengan produk kompetitor membutuhkan waktu service 11 dan 15,8 jam.
Spesifikasi sasis :
- Rangka perimeter baja berbentuk tabung
- Baja fabrikasi dua sisi
- Showa 41mm upside down separate function fork (SFF)
- Showa mono-shock RSU, dengan penyetelan preload
- Kaliper geser dua piston Nissin, cakram mengambang 310mm kembar, ABS
- Kaliper geser piston tunggal Nissin, cakram 255mm tunggal, ABS
Rangka Trident adalah rangka baja tubular terbaru. Ini adalah desain yang tidak memiliki kemiripan dengan model lain dalam rangkaian Triumph saat ini, meskipun dapat dengan mudah diadaptasi untuk aplikasi lain di masa mendatang. Tujuan dari rangka ini adalah untuk memberikan ergonomi yang dapat diakses dan penanganan yang menarik.
Suspensi yang digunakan adalah Showa dengan garpu 41mm USD yang merupakan pemandangan menyegarkan di motor naked kelas menengah. Mereka memberikan kesan berkelas pada motornya, terutama mengingat bahwa sebagian besar motor lain yang harus bertarung dengan Triumph bersepatu dengan item teleskopik spesifikasi rendah. Shock belakang juga merupakan unit Showa, dengan penyesuaian preload manual saja.
Sistem pengereman disuplai oleh Nissin dengan kaliper dua piston dan cakram 310mm di depan serta kaliper geser piston tunggal di belakang. ABS adalah pengaturan dua saluran tanpa kemampuan untuk menyesuaikan tingkat intervensi atau untuk mematikan sistem. Ada beberapa sudut industri yang meminta IMU controlled cornering ABS pada motor, tetapi sebenarnya, saya rasa itu tidak akan membutuhkannya. Saya melewatkan ABS saat menikung pada spesifikasi tertinggi Street Triple RS saat berkendara di jalan raya atau trek!
Peralatan :
- Dua mode berkendara - Rain dan Road
- ABS dua saluran
- Quickshifter opsional, indikator LED bergulir, modul konektivitas Bluetooth
![]() |
Triumph Trident 2021 telah mengadopsi panel TFT hybrid. (Source : Visordown.com) |
Di bagian tengah kokpit Triumph adalah layar TFT hybrid yang tampak menakjubkan yang dilengkapi dengan LCD rev-counter dan speedo terbalik di bagian atas. Dalam TFT pengendara dapat memilih antara mode Rain dan Road, yang masing-masing menyesuaikan peta throttle dan intervensi kontrol traksi. Kontrol traksi juga dapat disesuaikan secara manual atau dimatikan sama sekali saat Anda sedang mood. Seperti yang Anda harapkan, Trident menampilkan pencahayaan LED secara keseluruhan, dari lampu depan hingga indikator.
Dengan sejumlah suku cadang purnajual yang ditawarkan, pengendara akan dapat menggunakan sepeda mereka sampai hati mereka puas, dengan menawarkan suku cadang gaya dan kinerja.
Triumph Trident vs kompetitor
Jadi, bagaimana penantang baru dari Hinckley ini menghadapi persaingan? Pertama, mari kita lihat motor yang harus bertarung dengannya - Yamaha MT-07 dibanderol seharga 6.697 poundsterling atau sekitar Rp. 126,9 juta, Kawasaki Z650 dibanderol seharga 6.649 atau sekitar Rp. 126 juta, Suzuki SV650 dibanderol seharga 5.649 poundsterling atau sekitar Rp. 106 juta, dan Honda CB650R dibanderol seharga 7.199 poundsterling atau sekitar Rp. 136 juta.
Jadi ya, Triumph adalah motor kelas menengah termahal yang mungkin kompatibel dengan lisensi A2. Tapi Triumph akan mengklaim dibandingkan kompetisinya, itu adalah produk premium yang menampilkan kit premium.
Menurut pendapat kami, ini bukan satu-satunya motor dengan TFT, Kawasaki memiliki TFT paling jelas dan terbaik pada roda dua, dan dua motor lainnya yang disebutkan di atas siap untuk dirombak yang kemungkinan akan meningkatkan beberapa aksi TFT.
Di bagian depan perangkat keras, Triumph adalah satu-satunya sepeda yang mendapatkan fork USD yang sesuai, dan meskipun hal itu tidak benar-benar memengaruhi cara menangani motor bagi kebanyakan orang, hal itu menambah kesan premium dari mesin tersebut. Apakah cukup mencuri penjualan dari pasukan Jepang? Hanya waktu yang akan membuktikannya.
Warna dan harga
Trident 2021 terbaru akan tersedia dalam tiga varian warna yakni Silver Ice and Diablo Red, Matt Jet, and Matt Ice Silver, Crystal White, and Sapphire Black. Motor akan mulai di pajang di dealer pada akhir Januari 2021 dan akan dibanderol seharga 7.195 poundsterling atau sekitar Rp. 135, 8 juta.***
![]() |
Trident 2021 terbaru akan tersedia dalam tiga varian warna yakni Silver Ice and Diablo Red, Matt Jet, and Matt Ice Silver, Crystal White, and Sapphire Black. (Source : Visordown.com) |

Tidak ada komentar: