![]() |
Yamaha MT-09 lansiran 2021. (Source : Visordown.com) |
ToniMag-Yamaha telah beberkan model terbarunya yakni model MT-09 lansiran 2021 yang telah mendapatkan update yang signifikan, dari mulai tampilan terbaru, pemangkasan bobot hingga pengaplikasian kapasitas mesin yang lebih besar, demikian dilaporkan laman ToniMag yang dikutip dari laman Visordown.
Model MT-09 termasuk motor naked kelas menengah yang populer dan untuk lansiran 2021 telah mendapat update gaya terbaru dan kapasitas mesin yang lebih besar yakni berkapasitas 889cc yang tentunya dapat memuntahkan tenaga dan torsi yang lebih besar.
Update saat ini merupakan yang ketiga kalinya setelah update terakhir untuk lansiran 2017. Perubahan yang terlihat diantaranya pengaplikasian dari single headlight ke model headlight sleek looking twin yang lebih modern.
Khusus untuk lansiran 2021, Yamaha melakukan perubahan juga pada desain motor, meninggalkan bahasa desain MT yang digunakan selama ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah MT-09, motor lansiran 2021 tidak terlihat seperti model lainnya yang masuk dalam jajaran hyper-naked keluaran Yamaha.
Sekarang sudah tidak ada lagi headlight model narrow twin, headlight sekarang didominasi oleh lampu LED besar yang dipasang di tengah. Mengapit lampu depan two slim LED DRL, small nod dari model sebelumnya.
![]() |
Headlight sekarang didominasi oleh lampu LED besar yang dipasang di tengah. (Source : Visordown.com) |
Sisa dari desain motor ini adalah tentang menampilkan cara kerja bagian dalam MT-09 untuk dilihat semua orang. Desainer Yamaha telah menanggalkan bodywork motor untuk menampilkan mesin, suspensi, dan sistem pendukungnya kepada dunia. Sikap motor secara keseluruhan adalah mesin yang kompak dan proporsional rapi - dan ini bukan kebetulan. Yamaha telah menempatkan tangki bahan bakar, lampu depan, dan knalpot sedekat mungkin dengan mesin baru 889cc. Semuanya cocok untuk kesan sentralisasi massa.
![]() |
Desainer Yamaha telah menanggalkan bodywork motor untuk menampilkan mesin, suspensi, dan sistem pendukungnya kepada dunia. (Source : Visordown.com) |
Mesin
Untuk membantu menjaga agar motor tetap mengikuti Euro5 dan di depan paket motor naked, Yamaha telah memilih untuk menghiasi model 2021 dengan pembaruan mekanis terbesar sejak model tersebut diluncurkan pada tahun 2014. Hilangnya mesin 847cc dan sebagai gantinya, yang baru 889cc telah dibuat.
Pabrik baru ini memenuhi standar Euro5 dan juga menjadikan MT-09 2021 versi paling kuat yang pernah ada. Kapasitas ekstra berasal dari peningkatan lubang sebesar 3mm yang menyediakan unit dengan 49cc yang meningkatkan output tenaga sebesar 4hp.
![]() |
Yamaha MT-09 2021 adalah versi paling kuat yang pernah ada. (Source : Visordown.com) |
Performa mesin yang terbaik adalah satu hal, tetapi seperti yang diketahui oleh siapa pun yang pernah mengendarai MT-09, penyebaran torsi linier sempurna yang luas dari motor ini adalah tempat yang paling menyenangkan. Pada catatan itu, Yamaha telah meningkatkan torsi puncak menjadi 68lb-ft, dengan angka puncak mencapai 7.000rpm, 1.500rpm lebih rendah dari sebelumnya.
![]() |
Mesin terbarunya ini adalah sistem injeksi bahan bakar yang direvisi yang membuat injektor bergeser dari kepala silinder ke tepat setelah katup throttle. (Source : Visordown.com) |
Mesin terbarunya ini adalah sistem injeksi bahan bakar yang direvisi yang membuat injektor bergeser dari kepala silinder ke tepat setelah katup throttle. Bahan bakar sekarang disuntikkan langsung ke bagian belakang katup masuk. Sistem ini diklaim dapat meningkatkan atomisasi, meningkatkan pembakaran, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan membantu mendapatkan sertifikasi Euro5 yang sangat penting itu.
![]() |
(Source : Visordown.com) |
Sasis
Kelemahan pada MT-09 sebelumnya adalah front end yang sedikit kurang teredam, sesuatu yang dapat Anda perbaiki dengan kit aftermarket - atau upgrade ke varian SP. Yamaha telah mendengarkannya, karena motor terbarunya ini mendapatkan fork KYB 41mm dengan penyesuaian preload, kompresi, dan rebound damping. Desain linkage suspensi belakang telah diubah dan shock belakang KYB baru yang dapat disesuaikan diatur agar sesuai dengan sasis baru dengan bobot un-sprung yang berkurang secara signifikan.
![]() |
Pelek Yamaha MT-09 2021 dibuat lebih ringan. (Source : Visordown.com) |
Pelek 10-spoke Spin Forged
Motor lansiran 2021 juga mencakup jenis pelek terbaru inovatif yang dipanaskan dan kemudian diputar pada roller bertekanan tinggi. Hasilnya adalah roda yang diklaim Yamaha sebagai yang paling ringan, dan seperti yang diketahui oleh tuner sepeda motor mana pun, mengurangi bobot yang tidak rata adalah kunci untuk meningkatkan akselerasi, pengereman, dan pengendalian.
Warna, ketersediaan, dan harga
MT-09 terbaru akan tersedia dalam tiga varian warna: Storm Fluo, Icon Blue, dan Tech Black. Pengiriman ke dealer Yamaha Eropa akan dimulai pada Maret 2021. Sementara soal harga, pihak Yamaha akan mengumumkannya kemudian.
Spesifikasi Yamaha MT-09 lansiran 2021 :
- Mesin terbaru 889cc, inline 3-cylinder, 4-valve, DOHC, liquid-cooled EU5
- Lebih banyak tenaga di semua kecepatan mesin
- Torsi maksimum meningkat 7% pada rpm rendah
- Peningkatan daya maksimum sebesar 4PS
- Sasis Deltabox terbaru berbahan aluminium cor CF 2,3kg yang lebih ringan
- Berat basah 189kg lebih rendah - pengurangan 4kg dan yang paling ringan di kelas naked 900cc
- Jarak sumbu roda yang lebih pendek untuk handling yang lebih dinamis
- Lengan ayun aluminium ringan terbaru
- Gaya MT generasi terbaru 'tanpa penutup' yang naked dan indah
- Seluruhnya Kualitas premium, dengan finishing rangka Crystal Graphite
- Pencahayaan full-LED dengan desain ikon khas merek Y bentuk depan dan belakang
- QSS terbaru - Quick Shift System dengan fungsi naik dan turun
- A&S halus - Kopling Assist & Slip
- IMU 6-axis terbaru yang ringan dan ringkas
- Lean-sensitive rider aids: TCS, SCS, dan LIFt dengan tiga mode intervensi
- ABS dan BC - Sistem Kontrol Rem
- Mode pengoperasian engine D-MODE yang dapat diganti
- Pelek terbaru 10-spoke Spin Forged yang sangat ringan berukuran 17 inci
- Ban belakang lebih besar 180 / 70-17 dengan ban depan 120 / 70-17
- Fork KYB 41mm USD yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan pengaturan yang direvisi
- Shock belakang KYB yang dapat disesuaikan dengan pengaturan yang direvisi
- Instrumen TFT 3,5 inci berwarna penuh dengan sakelar setang jarak jauh
- Silinder master depan radial, cakram depan ganda 298mm.***

Tidak ada komentar: